Seorang Pendongeng Profesional Akan Datang Ke Tanah Karo

dongeng anak

Dongeng Anak selama ini dianggap sebagai hal yang sangat sepele, bahkan dianggap tidak memiliki pengaruh apa-apa kepada anak. Sampai detik ini, Dongeng Anak sepertinya melulu bercerita tentang binatang, dan juga masih banyak yang berstigma ‘dongeng itu sebagai pengantar tidur’. Para orang tua dan guru masih banyak yang belum menyadari betapa dahsyatnya dampak yang terjadi pada anak manakala dongeng disampaikan secara kontiniu. Kalau anak kita ibaratkan sebuah pohon bonsai yang masih muda dan cantik serta dahan-dahannya masih lunak, dan kita ingin pohon tersebut menjadi sesuai keinginan kita, maka dengan ‘dongeng’ kita bisa melakukannya. Dengan dongeng kita bisa merubah karakter, perilaku anak tanpa harus mengekangnya sebagaimana layaknya pohon bonsai yang asli yang harus di ikat kawat/tali. Beberapa yang kami kutip dari http://www.ayahbunda.co.id/, ini adalah beberapa manfaat dongeng :

  1. Meningkatkan keterampilan bicara anak, karena bayi atau balita akan kenal banyak kosa kata.
  2. Mengembangkan kemampuan berbahasa anak, dengan mendengarkan struktur kalimat.
  3. Meningkatkan minat baca.
  4. Mengembangkan keterampilan berpikir.
  5. Meningkatkan keterampilan problem solving.
  6. Merangsang imajinasi dan kreativitas.
  7. Mengembangkan emosi.
  8. Memperkenalkan nilai-nilai moral.
  9. Memperkenalkan ide-ide baru.
  10. Mengalami budaya lain.
  11. Relaksasi.
  12. Mempererat ikatan emosi dengan orang tua.

 

Perlu diingat, poin-poin diatas tentunya tidak seperti apa yang kita lihat pada iklan televisi, ‘dimana minum obat, disitulah sembuhnya’. Dengan kata lain, penyampaian dongeng harus benar-benar kontiniu.

Nah, dari kegelisahan terhadap perkembangan dongeng anak sekarang ini, HOMPIMPAH bersama teman-teman komunitas, secara khusus mendatangkan seorang Pendongeng dari tanah Jawa tepatnya Yogyakarta untuk bisa mendongeng di Tanah Karo. Beliau adalah Iwan RS. Dalam kunjungannya yang kedua ini, Kak Iwan memang sengaja datang khusus diundang oleh HOMPIMPAH. Yang pertama beberapa tahun yang lalu, pada saat BNPB mengadakan acara Trauma Healing bagi anak-anak pengungsi erupsi Gunung Sinabung. Kak Iwan bersama tim pendongengnya ikut roadshow di pos-pos pengungsi yang ada di Tanah Karo.

Karena respon dari berbagai lembaga yang cukup tinggi, maka tim HOMPIMPAH berinisiatif untuk membuat sistem pendaftaran bagi sekolah TK, PAUD, TPA  yang ingin di-‘isi’ dongeng oleh Kak Iwan. Jadwal acara Dongeng Keliling akan dilaksanakan pada 11 – 17 April tahun 2016. Melalui ponselnya Kak Iwan mengatakan sudah siap untuk acara ini. Dalam paket acara bersama Kak Iwan, HOMPIMPAH juga akan mengadakan pelatihan mendongeng bagi guru-guru dan khalayak umum yang ingin mendapat pengetahuan seputar dongeng. Publikasi akan disampaikan kesekolah-sekolah mulai hari Rabu minggu ini

“Hal ini kita lakukan agar ada semacam peningkatan kualitas proses belajar mengajar di sekolah, juga dirumah antara anak dan orang tua,”Jawab ketua panitia pelaksana. “Bagi ada yang ingin mendaftar bisa langsung ke HP saya, 0821 6528 4890..”Lanjutnya lagi menutup pembicaraan.

2 thoughts on “Seorang Pendongeng Profesional Akan Datang Ke Tanah Karo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *