Bukan Orang Kaya, Tapi Punya Hobby Mahal

10601045_1121276154590295_249945371_n

Pemuda yang akrab dipanggil sidik ini, sudah tidak asing lagi bagi para penggemar touring. Apalagi yang tergabung dalam club Sepeda Motor Pulsar Berastagi. Dalam wawancara kami dengan Om Sidik, beliau mengatakan kalau touring yang dilakukannya sendiri, bersama istri, ataupun dengan klub nya adalah bagian dari refreshing. Touring merupakan salah satu cara beliau bersyukur terhadap semua yang diberikan Tuhan.

Selain itu, dengan touring beliau juga menyambung silaturahmi dengan orang-orang yang bahkan belum dikenalnya. Dalam perjalanan touring sering bertemu dengan orang-orang yang ‘unik’. Kemudian berusaha mengambil hikmah setelah beliau bercakap-cakap.

Menanggapi touring dianggap sebagai buang-buang duit belaka, Om Sidik justru mengatakan kalau touring itu adalah wisata yang paling irit. Saat touring bersama akan banyak yang membantu kita dalam perjalanan apabila ada terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, misalnya ban pecah, atau kehabisan bahan bakar, bisa saling mengisi, serta banyak yang lain. Atau misalnya kalau kita ingin menginap di hotel, tentunya akan lebih murah kalau uang kamar hotel dibayar secara bersama-sama pula.

Bahkan lebih dalam lagi, perjalanan touring itu seperti layaknya perjalanan kehidupan. Jalan yang dilalui tidak ada yang sepenuhnya lurus, diperjalanan bisa kehujanan, kepanasan, bergelombang, rusak dan sebagainya. Disinilah kita melatih kesabaran kita. Kebersamaan dan rasa persaudaraan akan semakin menguat.

Mengakhiri percakapan kami, beliau berpesan, andai dalam menyikapi kehidupan seperti bagaimana menyikapi perjalanan touring, saling menolong dan membantu selama dalam perjalanan kehidupan ini. Memperkecil perbedaan dan memperbesar persamaan, menghargai dan menghormati, serta yang terpenting menyadari bahwa kehidupan ini akan berakhir pada satu tujuan yaitu kematian tentu orang akan berfikir ulang untuk bermusuhan dan saling membenci. Semua akan bersatu bahu membahu menjalaninya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *